Bagaimana cara supaya mulai terjun di dunia SAP?   

Creator : Agnes Fatah

1. Faktor motivasi

SAP kebanyakan di definisikan sebagai bagian dari karir IT, padahal sebenarnya tidak, didalam SAP ada banyak modul yang masing masing modul memerlukan skil set spesialisasi tersendiri khususnya dalam pemahaman terhadap sebuah bisnis proses. Tak heran kalo konsultan SAP bisa di bayar dari 250 USD hingga 500 USD bahkan lebih per harinya. Dan ngga heran juga kalo banyak orang yang berminat dan mencoba untuk memulai karir ini sedini mungkin.

2. Training

Apakah perlu melakukan training ? Jawabanya sudah PASTI! tapi bagaimana mendapatkan training itu yang perlu difikirkan. Training SAP bisa dilakukan dengan berbagai cara:

     - Melalui training centre resmi SAP: Yang ini merupakan pilihan yang paling bagus dan efektif dari segi waktu. Harganya juga variatif tergantung dari provider training SAP serta bagaimana cara pembelajaran kisaran harga antara USD 500 - USD 5000 per modul. Jika ambil classroom akan jauh lebih mahal dan lama dibandingkan ambil training online. Monsoon Academy merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan training SAP dengan metode yang fleksible dengan harga terjangkau.

     - Secara otodidak online: belajar sendiri lewat online merupakan pilihan yang hemat namun bisa makan waktu yang cukup lama. Anda bisa belajar teori-teori melalui resources online secara cuma-cuma dan server SAP juga bisa disewa. Namun kurangnya dari pembelajaran SAP secara otodidak adalah tidak adanya sertifikat penyelesaiin modul pembelajaran SAP yang biasa diperlukan jika mau ambil ujian sertifikasi SAP, serta dalam segi waktu bisa jadi lebih lama.

3. Sertifikasi

Apakah dengan lulus sertifikasi SAP akan mempermudah bekerja di dunia SAP ? jawabanya adalah tidak terlalu namun alangkah baiknya jika ambil sertifikat. Akan menjadi investasi yang sangat bagus untuk kemajuan karir. Memang banyak perusahaan yang hire seorang konsultan SAP dilihat dari pengalaman konsultan tersebut di bidang ini, seperti project apa saja yang sudah ia lakukan, bagaimana tanggapan client serta rekan kerja dia selama ia melakukan project. Namun hasil ujian sertifikasi SAP, mampu memberikan kepada potential employer kita nilai ukur pengetahuan kita mengenai SAP.

4. Latar belakang

Latar belakang pendidikan sangat berpengaruh dalam memilih karir di dunia SAP, karena latar belakang pendidikan akan memberikan skill set dasar untuk berkarir di SAP, misalnya untuk yang berlatar belakang IT akan sangat cocok menguasai modul ABAP, Security, Portal, Basis dan BW. Contoh lain misalnya yang berlatar belakang accounting dapat mengadopsi SAP modul Finance (FI/CO) dan seterusnya. Akhirnya masing masing bidang akan memiliki dasar bisnis proses yang konkrit untuk di terapkan dalam SAP berdasarkan latar belakang pendidikan. Walaupun faktanya banyak juga yang lulusan non IT tapi jadi ABAP, ataupun lulusan Accounting tapi ambil MM.

5. Kemauan

Mungkin agak mendramatisir, tapi sejujurnya kemauan adalah hal yang sangat penting dan itu bukanlah hal yang mudah. Jika ingin fokus ke SAP memerlukan tantangan yang cukup berat, saking beratnya kemauan kita akan ingin terjun ke dunia SAP sampai sirna. Sebut saja, training yang sangat mahal, buku yang susah didapat, dan kalaupun sudah didapat belum tentu mudah di pahami karena keterbatasan bahasa. Itu baru buku, belum praktek, kalau mau praktek nyobain belum tentu punya komputer yang memadai untuk menjalankan SAP nya, tempat belajar nya, dan sebagainya. Jadi untuk itu, rintangan semacam ini banyak yang menjadikan orang orang pupus untuk mencoba belajar dan menggali sendiri, lebih baik kembali ke realita yang sudah pasti pasti. Untuk itu, pertanyaan nya kembali ke diri kita, apakah kita masih mau atau tidak ? Cara yang paling aman adalah sambilan (bagi yang sudah kerja). Sambil bekerja sambil mempelajari SAP, kalau bisa mencoba untuk menerapkan di kantor (kalau belum menggunakan SAP) sehingga kalau ada kesempatan kita akan selalu siap. Kalau IT mungkin banyak waktunya, karena saat patching, saat restart, ada waktu yang cukup lama dimana kita sedang menunggu proses, waktu tersebut bisa kita manfaatkan membaca dan intinya pinter pinter atur waktu saja.

6. Memiliki CV yang relevan

Untuk dapat memulai berkarir di SAP, setidaknya kita memerlukan CV yang baik. CV yang baik di SAP adalah CV yang memiliki informasi yang berhubungan dengan SAP. Dimulai dari latar belakang pendidikan, dan training yang pernah kita lakukan. Sebagai contoh: seorang pencari pekerjaan akan besar kemungkinan diterima kerja dalam fungsional SAP jika ia memilliki latar belakang pendidikan serta training atau pengalaman sebelumnya yang relevan dan saling mendukung. Jika baru terjun ke dunia SAP, maka disarankan mulai dari junior dulu.

7. Kesempatan

Hal yang paling masuk akal jika ingin berkarir di dunia SAP adalah memanfaatkan setiap kesempatan yang ada, khususnya saat ada SAP opening. Memang agak neko-neko, namun kita harus dengan serius dan cermat mengamati setiap kesempatan yang ada. Untuk itu kita perlu mengetahui spesifikasi bidang pekerjaan di SAP secara detail dan terstruktur berdasarkan proses bisnis sebuah perusahaan, dan juga mempersiapkan diri seandainya ada yang tertarik dengan CV kita.

Jika kita ingin mengikuti bursa kerja di SAP kita dapat mencarinya di Linkedin ataupun juga mengikuti opening sap yang ada di mysapexpert.com .

Keadaan yang paling memungkinkan bagi orang belum memiliki pengalaman di dalam SAP dan ingin masuk ke bidang SAP adalah:-

  • Bergabung atau mulai training SAP dan jadilah tersertifikasi
  • Bergabung dan konsultasi dengan head hunter akan lowongan pekerjaan SAP
  • Bergabung di perusahaan SAP consulting baru.
  • Bergabung di perusahaan yang sedang implementasi SAP.
  • Bergabung di perusahaan yang memerlukan SAP support.
  • Berkerja di perusahaan yang sudah memiliki SAP.

Tertarik mau mulai?

Ambil langkah awal dan gabung training SAP bersama Monsoon Academy. Untuk info lebih lanjut klik disini atau hubungi: 021-5794 3737 atau email: info@monsoonacademy.com

 

 

 

Other news you may be interested in


Metode E-Learning: apa saja kelebihan dan kelemahannya?
Monsoon Academy - ERP Workshop
Monsoon Academy - SAP eAcademy
Register for your SAP Associate Consultant Certification Now!
Kenapa (tidak) menjadi seorang konsultan?